Anak Tunagrahita

Posted On Mei 9, 2010

Filed under Uncategorized

Comments Dropped one response

ANAK TUNAGRAHITA SERTA PEMBAGIANNYA


SIAPAKAH ANAK TUNAGRAHITA ITU?

Anak tunagrahita adalah anak – anak yang mempunyai kemampuan intelektual dibawah rata- rata intelektual norma.  Banyak istilah yang digunakan untuk menyebut anak –anak tunagrahita ini seperti : mental retardation, mentally retarded, mental deficiency, mental defective dan lain- lain.

Alfred Binet, menjelaskan bahwa anak tunagrahita memiliki MA (mental age) yang lebih rendah dibandingkan dengan CA (cronologi Age) nya. Yang mana dalam perkembangan normal anak MA seharusnya sama dengan CA

BILAMANA ANAK DIKATAKAN TUNAGRAHITA?

Anak dapat dikatakan tunagrahita jika ia mengalami keterbatasan intelegensi (IQ) 2 kali standart deviasi. Artinya jika anak normal pada umur (CA) yang sama dan dalam kondisi lingkungan yang sama memiliki IQ 100, maka anak dikatakn tunagrahita jika mempunyai intelegensi (IQ) 70. Atau ia mengalami keterlambatan 2×15=30 sehingga diperoleh IQ 70 tersebut.

KARAKTERISTIK ANAK TUNAGRAHITA.

Akibat keterbatasan fungsi intelektual yang dialami anak tunagrahita, yang mana fungsi intelektual merupakan fungsi kompleks antara lain untuk: mempelajari informasi, keterampilan2 menyesuaikan diri, mempelajari masalah2 dan situasi2 kehidupan baru, mendapatkan pengalaman baru, kemampuan untuk merencanakan masa depan dll. Menyebabkan kesemuanya menjadi terhambat oleh sebab fungsi yang kompleks mengalami kerebatasan perkembangan.

Menurut batasan dari AAMD( Grossman, 1983:11) anak tunagrahita secara umum mempunyai tingkat kemampuan intelektual dibawah rata- rata. Selain itu mereka juga mengalami hambatan pada aspek perilaku adaptifnya (adaptive behavior) yaitu selama masa perkembangan hidupnya dari usia 0 tahun hingga 18 tahun.

KLASIFIKASI UMUM ANAK TUNAGRAHITA

Berdasarkan taraf intelegensinya, secara umum penggolongan anak tunagrahita dibagi atas tunagrahita ringan, sedang dan berat. Sedangkan untuk mengukur kemampuan intelegensi anak tuangrahita kebanyakan menggunakan tes Stanford Binet dan Skala Weschler (WISC).

  1. 1 Tunagrahita Ringan

Anak tunagrahita ringan memilki intelegensi (IQ) antara 68-52 menurut Binet, sedangkan menurut skala Weschler (WISC) memiliki IQ 69-55. Pada umumnya anak tunagrahita ringan tidak mengalami gangguan fisik. Mereka secara fisik nampak seperti anak normal seperti pada umumnya. Mereka secara umum masih dapat melaksanakan tugas sekolah.

  1. 2 Tunagrahita Sedang

Anak yang tergolong tungrahita sedang mempunyai intelegensi (IQ) 51-36 menurut skal Binet dan 54-40 menurut skala Weschler (WISC). Anak yang tergolong tunagrahita sedang ini hanya mencapai perkembangan intelegensi sampai MA 7 tahun anak normal.

Anak tunagrahita sedang sangat sulit untuk untuk belajar akademik. Dalam kehidupan sehari- hari anak tunagrahita sedang ini membutuhkan pengawasan yang tersu – menerus, walapun mereka masih bisa bekerja ditempat kerja terlindungi (sheltered workshop).

  1. 3. Tunagrahita Berat

Anak tunagrahit yang tergolong berat mempunyai intelegensi 32-20 menurut skala Binet, dan 39-25 menurut Skala Weschler (WISC). Anak tunagarhita berat memerlukan bantuan perawatan secara total dalam aktivitas keseharianya.

DETEKSI DINI PERKEMBANGAN ANAK TUNAGRAHITA

Dengan mengetahui secara dini karakteristik serta tingkat perkembangan anak tunagrahita, maka akan lebih mudah didalam merencanakan dan membuat sutau program pembelajarannya. Perkembangan yang lambat serta berhentinya perkembangan pada level tertentu ukuran anak normal, membuat kita sebagai tenaga pendidik harus benar- benar siap didalam memepersiapkan pendidikan yang tepat buat mereka. Hal ini agar keterlamabatan pada mereka segera teratasi dan anak tidak mengalami kesulitan terlalu lama didalam mengerjakan tugas perembanganya.

About these ads

One Response to “Anak Tunagrahita”

  1. triaponorogo

    terima kasih….hehe padahal ini iseng2 aja. ya semuga dapat berkembang…thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.